Cara Membersihkan Noda di Keramik


Keramik merupakan salah satu material favorit yang seringkali digunakan untuk menutup permukaan dinding dan lantai. Maka tak heran jika material ini selalu hadir mengisi ruang di dalam sebuah hunian, diantaranya area dapur dan kamar mandi.
Aktivitas memasak di dapur membuat keramik rentan sekali terkena noda dan kotoran. Jika tidak segera dibersihkan, noda akan mengering sehingga sulit untuk dibersihkan dan lama kelamaan membuat permukaan keramik terlihat kusam. Membersihkan nat sama pentingnya dengan membersihkan ubin karena lantai atau dinding tidak akan tampak sepenuhnya cemerlang tanpa nat yang bersih. Noda, lumut, atau jamur mungkin tidak akan terlalu terlihat pada nat gelap, tetapi pada nat putih atau abu-abu, noda akan lebih terlihat. Berbeda dari ubin yang cukup dilap dengan cairan pembersih lantai, nat perlu disikat dengan produk khusus pembersih nat keramik. Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam membersihkan kamar mandi jika Anda tahu cara yang efisien. Ketika anda dihadapkan dengan noda-noda keramik, tidak usah terlalu khawatir jika anda cepat menanganinya. Sebenarnya keramik lebih mudah dibersihkan jika noda-noda yang ada di permukaannya masih basah. Jika anda sesegera mungkin melakukan pembersihan, maka anda akan lebih merasa ringan dibandingkan membersihkan noda-noda yang sudah mengering.
Berikut ini adalah beberapa cara praktis yang dapat Anda lakukan untuk merawat atau membersihkan noda membandel yang menempel pada permukaan keramik.


Menghilangkan Goresan Lantai

Solusi efektif untuk menghilangkan goresan pada lantai adalah dengan mencampurkan sedikit baking soda dan sedikit pasta gigi putih yang bukan berbentuk gel pada kain basah, lalu gosokkan pada permukaan keramik yang bertanda gores atau kena noda sampai bersih.

Gunakan Cuka Untuk Membersihkan Permukaan Keramik

Larutan cuka pada dasarnya bisa digunakan untuk membantu mengangkat noda seperti semen yang menempel dan sudah mengering pada keramik anda. Penggunaan cuka sangat efektif digunakan dalam membantu permasalahan semacam ini. Anda hanya perlu menyiramkan ke bagian-bagian yang terdapat noda yang mengering. Diamkan beberapa saat agar berinteraksi dengan baik. Setelah noda terangkat anda bisa segera membersikannya dengan sapu dan kain pel.

Membersihkan Cipratan Minyak
Mungkin trik ini terdengar tidak biasa tetapi jitu untuk menyelesaikan masalah Anda. Ambil sedikit tepung terigu, kemudian taburkan di atas keramik penutup lantai yang terkena cipratan minyak. Kemudian, bersihkan dengan lap kering, tanpa diberi air sampai cipratan minyak ataupun tepung terigu bersih kembali. Lalu, lap keramik sekali lagi dengan kain basah.

Gunakan Asam Clorida (HCL)

Untuk mengaplikasikan asam clorida anda bisa memasukkan larutan tersebut ke dalam ember berisi air. Cukup anda masukkan beberapa sendok makan agar tidak terlalu asam. Jika kondisi terlalu asam, dikhawatirkan akan merusak bagian nat nya. Di karenakan Cairan HCL adalah Air keras maka harus memperhatikan kesehatan diri sebelum memulai membersihkan keramik. Produkpembersih keramik juga ampuh membersihkan keramik dengan cepat. Aman untuk kesehatan dan tidak menimbulkan bau yang menyengat. (baca juga : Cara Membersihkan Kerak Keramik)

Siapkan kuas kecil dan celupkan ke dalam ember yang berisi larutan tadi. Lalu oleskan ke bagian yang terdapat noda yang sudah mengering ataupun noda-noda membandel lainnya. Diamkan beberapa saat agar larutan bisa berinteraksi dengan maksimal. 


Setelah beberapa waktu, anda bisa menggosoknya dengan menggunakan sikat atau pun serabut kelapa. Disarankan lebih baik menggunakan serabut kelapa untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, karena serabut kelapa lebih rapat dan padat, namun elastis sehingga bisa mengangkat semua noda yang membandel tersebut. Selanjutnya siram dengan air bersih agar kotoran bisa larut bersama air. Kemudian lakukan penggelapan dengan kain pel terlebih dahulu dan lap kembali dengan lap kering yang bersih agar memperoleh hasil yang memuaskan.


Dapat diambil kesimpulan bahwa cara membersihkan keramik bisa dilakukan dengan beberapa cara yang sudah dijelaskan secara detail dan terperinci di atas sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi untuk diterapkan secara mandiri di rumah. (baca juga : Cara Merawat Tananman Hias)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akibat Toilet Kotor

Cara Membersihkan Jamur/Kerak Keramik Dinding Kamar Mandi

Penyebab dan Solusi Dinding Rumah Retak Struktur