Cara Mengatasi Toilet/WC Mampet


Toilet mampet merupakan salah satu kenyataan hidup yang harus dihadapi setiap rumah tangga. Ada banyak hal yang bisa membuat WC mampet. Gumpalan tisu atau tisu basah dapat menyumbat saluran pembuangan. Mainan anak atau pakaian juga kadang terperangkap di dalamnya, sengaja atau tidak. Salah satu permasalahan rumah yang tidak jarang kita hadapi. Ada banyak penyebab mengapa saluran pembuangan air toilet kita mampet atau tersumbat. Bisa karena sampah kertas tisu, plastik, atau memang karena septic tank tempat pembuangan cairan limbah toilet kita yang memang sudah penuh . Setiap orang perlu mengetahui cara memperbaiki WC mampet. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui hal-hal yang sebaiknya dihindari ketika berurusan dengan WC mampet. Kalau Anda curiga toilet di rumah tidak mau menggelontor, jangan siram berkali-kali dan berharap sumbatannya hilang begitu saja. Hal ini justru akan menyebabkan air meluap dan tumpah membasahi dan mengotori lantai! 



Baca Juga :

Banyak bahan dapur yang dapat Anda manfaatkan untuk melonggarkan saluran pembuangan WC. Bahan-bahan dapur berikut ini mampu mengatasi sumbatan akibat barang mudah hancur atau biodegradable seperti kertas tisu, tetapi tidak untuk barang padat dan keras seperti mainan anak-anak. Berikut cara mengatasi Toilet/WC mampet :
·   Menggunakan plunger, yaitu semacam alat penyedot menual/ kop. caranya anda tinggal menempelkannya pada lubang toilet lalu menekan - nekan secara berulang - ulang , lalu anda trik. Maka air dan beberapa kotoran yang ada di dekat lubang toilet bisa ikut keluar. Prinsip kerjanya adalah kita menciptakan ruang hampa udara di dalam kop yang kita tekan , sehingga air dan kotoran yang ada pada lubang toilet tertarik keluar. Cara ini hanya manjur jika kotoran yang menyumbat saluran WC terletak tidak jauh dari lubang toilet.
·   Menggunakan sabun cuci piring. Untuk sumbatan seperti kertas tisu, dan letak sumbatannya sudah cukup jauh dari lubang toilet sehingga tidak terjangkau lagi dengan kop, maka kita bisa mencoba menggunakan sabun cuci piring. Tuang sabun pencuci piring ke dalam lubang toilet, siram dengan air panas. Tunggu sampai beberapa menit.
·   Menggunakan soda kue dan cuka. Tuang bubuk soda kue, lalu tuangkan juga cuka setelahnya. Tuangkan cuka sedikit demi sedikit. Ketika sudah muncul busa dan busa akan meluap,hentikan pemberian cuka. Tunggu sampai beberapa menit, lalu tuangkan air panas. Diamkan selama semalam/ beberapa jam. Tunggu sampai larutan soda kue dan cuka meleburkan sampah penyumbat. 
·   Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi saluran wc yang mampet adalah dengan melarutkan 1 kg garam dengan 1 liter air di dalam ember. Setelah diaduk dan larut, tuangkan ke dalam saluran pembuangan air wc anda yang mampet. Tunggu agaklama sekitar 7 jam, lalu pakailah alat plunger/ kop air agar kotoran yang menyumbat bisa ditarik keluar.



Baca Juga :

Anda pun bisa memanfaatkan momentum ini untuk sekaligus membersihkan toilet, terutama dari percikan air yang keluar dari lubang toilet selama Anda berusaha mengatasi sumbatannya. Produk pembersih khusus toilet, seperti Wisklin, bisa membantu Anda mengatasi noda pada enamel toilet sekaligus mematikan bakteri. Info lebih lanjut KLIK DISINI.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akibat Toilet Kotor

Cara Membersihkan Jamur/Kerak Keramik Dinding Kamar Mandi

Penyebab dan Solusi Dinding Rumah Retak Struktur